Ayo datang ke posyandu balita!!!

DSC05083 Apakah anda rutin membawa balita ke Posyandu? Beerkunjung ke Posyandu merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam upaya meningkatkan dan memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, utamanya kesehatan balita. Posyandu sendiri merupakan jenis upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) yang paling memasyarakat.

Posyandu memiliki lima program prioritas yaitu : KB, KIA, gizi, imunisasi, dan penanggulangan diare, dan terbukti mempunyai pengaruh besar terhadap penurunan angka kematian bayi dan balita.

Manfaat Posyandu Balita

  1. Pertumbahan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang/gizi buruk.
  2. Bayi dan anak balita mendapat Kapsul Vitamin A setiap bulan Februari dan Agustus.
  3. Bayi memperoleh imunisasi lengkap.
  4. Ibu hamil terpantau berat badannya dan memperoleh Tablet Tambah Darah serja imunisasi Tetanus Toxoid.
  5. Ibu nifas memperoleh Kapsul Vitamin A dan Tablet Tambah Darah.
  6. Stimulasi tumbuh kembang balita dengan fasilitas alat permainan edukatif di posyandu, dan mendeteksi dini tumbuh kembang
  7. Anak belajar bersosialisasi dengan sesama balita dan orang tua.
  8. Memperoleh penyuluhan kesehatan tentang kesehatan ibu dan anak.
  9. Apabila terdapat kelainan pada anak balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui akan dirujuk ke Puskesmas
  10. Dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak batita.

Kegiatan Posyandu di Puskesmas Gadingrejo

Posyandu Balita di Puskesmas Gadingrejo terbagi di 4 kelurahan yaitu :

  1. Kelurahan Gadingrejo (12 posyandu)
  2. Kelurahan Gentong (5 posyandu)
  3. Kelurahan Sebani (6 posyandu)
  4. Kelurahan Bukir (8 posyandu)

Posyandu dilakukan setiap bulan di masing masing kelurahan.Kegiatan posyandu yang diadakan meliputi penimbangan badan pada balita, pemberian makanan tambahan ( PMT ) pada balita, juga pemberian Vit. A yang dilakukan setiap bulan Februari dan Agustus. Serta penjaringan Deteksi Dini Tumbuh Kembang ( DDTK )

DSC05145

Oleh karena itu, setiap keluarga diharapkan aktif memanfaat fasilitas posyandu. Keluarga yang aktif ke posyandu adalah keluarga yang rutin membawa anaknya ke posyandu setiap bulan. Sesibuk apapun orang tua, perlu menyempatkan diri sebulan sekali ke posyandu. Jika orang tua tidak sempat ke posyandu, maka tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain atau pengasuh untuk mengantar anak ke posyandu. Posyandu bukan hanya tempat untuk mendapatkan imunisasi saja, tetapi juga memantau pertumbuhan berat badan, deteksi dini penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan anak, serta melakukan stimulasi tumbuh kembang balita melalui alat permainan edukatif yang tersedia di posyandu.

About gesti

Check Also

Kelas Ibu Hamil

Upaya demi upaya kita lakukan dalam rangka menekan angka kematian ibu hamil dan anak, Salah …

One comment

  1. This article is truly amazing! I am very impressed with the depth of insight presented and the clear and easy-to-understand writing style. The content of the article is very relevant and informative, providing a deeper understanding of the topic discussed. In addition, the analysis presented is also very profound and provides a different perspective. Thanks to the writer for the effort and dedication in presenting high-quality articles like this. I am looking forward to reading more articles!

    Read more on: Arta4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *